Social Icons


Minggu, 27 Januari 2013

Manfaat Tanaman Biduri

Cara Pemakain Herbal Biduri (Calotropis gigantea [Willd.]
Untuk obat yang diminum, rebus 0,1-0,65 g kulit akar Biduri (Calotropis gigantea [Willd.], lalu diminum.
Untuk pemakaian luar, layukan daun Biduri (Calotropis gigantea [Willd.]segar secukupnya, lalu tambahkan kapur sirih dan giling sampai halus. Selanjutnya, lumurkan ramuan ke bagian tubuh yang terkena penyakit kudis.
Untuk sakit perut, layukan daun Biduri (Calotropis gigantea [Willd.] segar di atas api, lalu oleskan minyak di bagian permukaannya, digunakan untuk menutup perut.
Untuk sakit telinga, tumbuk daun Biduri (Calotropis gigantea [Willd.]muda sampai halus, lalu peras. Air perasannya diteteskan pada telinga yang sakit.
Untuk luka atau borok, giling daun kering sampai halus, lalu taburkan serbuk pada bagian yang luka atau borok.


Tertusuk duri halus :
Teteskan getah biduri pada bagian tubuh yang tertusuk duri. Secara langsung, getah akan mengeluarkan duri di dalam kulit dengan sendirinya.

Pembesaran kelenjar getah bening :
Olesi kelenjar yang membengkak dengan getah biduri.

Batuk dan sesak napas :
Bakar daun kering Biduri (Calotropis gigantea [Willd.], lalu hirup asapnya.

 Sakit telinga
Cuci daun muda Biduri (Calotropis gigantea [Willd.] sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, peras dan saring, lalu airnya diteteskan pada bagian telinga yang sakit. Lakukan pengobatan ini 3-4 kali sehari.

Sakit Perut
Cuci daun Biduri (Calotropis gigantea [Willd.]sampai bersih, lalu layukan di atas api. Oleskan minyak, kemudian letakkan daun di sekitar perut.

Kudis
Cuci satu genggam daun Biduri (Calotropis gigantea [Willd.]segar sampai bersih, lalu bilas dengan air matang. Layukan daun-daun tersebut di atas api, lalu tumbuk dan tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Penumbukan dilakukan sampai ramuan menjadi adonan, seperti bubur kental. Terakhir, oleskan ramuan pada tangan dan kaki yang kudisan.

Gatal
Cuci daun biduri sampai bersih, lalu oleskan minyak kelapa di bagian permukaannya dan layukan di atas api. Bahan tersebut digunakan untuk membalur kulit yang gatal.





Tag :

0 komentar:

Posting Komentar