Social Icons


Rabu, 03 September 2014

Teratai Kerdil (Nymphaea tetragona Georgi)

Teratai Kerdil (Nymphaea tetragona Georgi) pada dasarnya sama seperti bunga Tunjung yang membedakan hanya bentuknya yang lebih kecil, oleh karena itu di sebut sebagai teratai kerdil. Bunga teratai termasuk dalam Famili Nymphaeaceae (Suku Teratai Terataian.) Jenis  ini tersebar di benua Asia, Amerika, daratan China, Korea, Jepang dan Indonesia. 

Tetarai kerdiltermasuk kedalam golongan Tanaman air atau tanaman rawa, Teratai kerdil biasanya tumbuh secara liar pada genangan air yang dangkal atau banyak juga dipelihara untuk hiasan kolam. 

Daun dan bunga keluar dari akar rimpang di dasar lumpur, yang tumbuh ke atas pada permukaan air. Daun mengapung pada permukaan air, sedang bunga pada air yang dangkal akan muncul di atas permukaan air. Helaian daun bangun perisai, tepi bergerigi, bagian pangkal bercangap sempit dan dalam, warnanya hijau. Bunga mekar selama 4 jam saja. Daun mahkota warnanya ungu. 

Teratai Kerdil bisa di gunakan untuk pengobatan herbal. Penyakit yang dapat diobati dengan teratai kerdil antara lain 
  • Hipertensi
  • kejang kronis pada anak
  • kecanduan alkohol

Manfaat Tanaman Teratai Kerdil
Bunga, akar. Saat bunganya sedang mekar, siap untuk dipetik lalu dijemur sampai kering, dan dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. untuk pengobatan Tekanan darah tinggi.,  Kejang kronis pada anak. dan Kecanduan alkohol. Penggunaan herbal ini bisa dilakukan secara langsung atau di keringkan terlebih dahulu melalui proses penjemuran. 

Komposisi, Sifat Kimiawi Dan Efek Farmakologis Tanaman Teratai Kerdil

Teratai Kerdil mampu Menurunkan panas dan bermanfaat untuk mengaktifkan fungsi limpa. 

Kandungan Kimia yang terdapat dalam akar tanaman dan daun teratai kerdila adalah asam amino dan alkaloid.





Tag :

0 komentar:

Posting Komentar